Rabu, 25 Mei 2016

“LULUS UN 2016, NILAI MAKSIMAL”, Waktu Fleksibel JUST FUN WITH “QUIPPER”



Hai, Viders (Viewers and Readers)! Okey, Berbicara tentang UN nih, UN 2016 ini merupakan pengalaman pertama dan terakhirku mengikuti UN. Mengapa pengalaman pertama? Ini dari segi pelaksanaannya berupa UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) /CBT (Computer Based Test). Tahun 2016 ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya Ujian Nasional Berbasis Komputer. Oleh karena itu, jumlah sekolah yang mengikuti UNBK meningkat dibandingkan tahun lalu, meskipun begitu masih banyak pula sekolah yang masih mengikuti  UN PBT (Paper Based Test).



Selama 12 tahun, di mana saya sudah merasakan Ujian Nasional sebanyak tiga kali, UN SD – SMP – SMA. Di situ pula saya merasakan tiga kali pemberlakuan perubahan sistem selama proses Ujian Nasional. Pertama, UN SD 2010 dengan 5 PAKET SOAL. Kedua, UN SMP 2013 dengan 20 PAKET SOAL. Ketiga, UN SMA 2016 dengan SISTEM BERBASIS KOMPUTER. Gak kebayang begitu seringnya hingga generasiku terkadang disebut sebagai “kelinci percobaan”. Berdasarkan pengalaman UN semasa SD dan SMP, maka pada tingkat SMA, pengalaman tersebut saya jadikan sebagai tolak ukur agar nilai yang tercapai meningkat, atau paling tidak seimbang (konstan).Setelah PENGUMUMAN tanggal 7 Mei 2016, Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan. Semua hasil tersebut tidak terlepas dari usaha serta doa orang tua, baik berupa  persiapan serta strategi  yang dilakukan sebelum UN berlangsung. “Ikan itu penting, namun yang lebih penting adalah bagaimana cara menangkapnya”. Untuk mendapatkan NILAI UN yang MAKSIMAL, maka perlu USAHA yang OPTIMAL, tidak perlu tegang, jalani dengan santai. Tidak perlu khawatir, selain bimbingan di sekolah yang diberikan langsung oleh guru, RAHASIAku adalah dengan Quipper Video. Waktu jadi efektif banget, tidak terbuang sia-sia. (~sst jangan bilang siapa-siapa, ini recommended banget apalagi buat gamers).

Sebelumnya, mendengar kabar tahun ini sekolahku juga turut serta mengikuti pelaksanaan UNBK membuat hati saya kegirangan karena saya sangat mendukung sistem ini, merasa tertantang dengan sistem baru. Tingkat kejujuran dijunjung tinggi dengan sistem ini untuk memberlakukan “Budaya Generasi Bangsa yang Jujur dan Berani”, tetapi alangkah lebih baiknya jika seluruh sekolah di Indonesia memberlakukan sistem ini secara serentak.

*Berikut ini adalah hal yang paling ditunggu tunggu, karena RAHASIANYA…..

Pertama, hal yang membuat saya tidak begitu tegang dan merasa sangat terbantu, yaitu dengan adanya Quipper Video, saya menjadi terbiasa untuk menjawab soal secara online melalui gadget ataupun laptop. Bahkan, saya menjadi ketagihan untuk menjawab soal yang disediakan oleh Quipper Video yang disediakan berdasarkan soal-soal yang keluar pada UN beberapa tahun sebelumnya. Jujur, seminggu selama minggu tenang, setiap hari saya membuka quipper, di mana pun saya berada jadi waktuku sangat efektif dengan agenda yang sebaik mungkin telah saya susun diQuipper Video. Jadi, semuanya menjadi fleksibel. 


Menjelang hari-H UN saya selalu membuka soal – soal Bahasa Inggris dan ini sangat membantu sehingga saya bisa mengetahui bayangan – bayangan berupa bentuk soal akan keluar berdasarkan SKL terutama pada bagian LISTENING. Ini adalah bagian yang awalnya abu-abu, menjadi jelas dengan Quipper Video. Karena sistemnya menjawab soalnya seperti gaming, membuat saya ketagihan dan bahkan tidak sudi jika jawaban saya ada yang salah, dengan mengulangi dan mengulangi kembali menambah memori jangka panjang saya terhadap materi yang saya perdalam di Quipper Video.

Kedua, menggunakan waktu sebaik mungkin di mana pun berada adalah pondasi yang utama untuk mencapai HASIL MAKSIMAL. Kalau bisa dihitung dalam seminggu saya sering keluar, maka dari itu bahkan biasanya jika saya sedang bersama orang tua ataupun dengan teman, saya sering QUIPPERan di sela-sela kesempatan. Karena tidak perlu ribet membawa buku berkubu-kubu. “All in One on My Hand”. Simpel, kan? Apalagi H-2 minggu sebelum UN, waktu itu karena banyaknya tugas praktikum bahkan kegiatan belajar mengajar sudah tidak begitu efektif lagi saya tidak sempat membuka buku lagi untuk mereview materi materi sebelumnya. Tapi karena Quipper Video memiliki materi yang sangat lengkap, dari materi kelas 11 hingga kelas 12 baik IPA (Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris), pejaran IPS pun juga ada. Ini  membantu banget. Bahkan saya biasa membukanya ketika sedang di angkutan umum perjalanan pulang ke rumah, intinya memanfaatkan waktu, kapan saja dan di mana saja.  

~ Nunggu Sunset sambil Quipperan ~

Ketiga, mindset pikiran bahwa belajar itu fun, tidak membosankan. Karena belajar di "Quipper Video" sangat menyenangkan ditambah lagi dengan penjelasan para tutor yang seru, tidak mudah membuat mata saya ngantuk karena bisa melihat pengajarnya yang antusias, unik, dan seru. Biarpun diputar berulang kali, tidak akan bosan bahkan membuat daya ingat saya menjadi kuat karena memberikan kesan yang berbeda. 

Keempat, banyak ibadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar segala urusan dimudahkan dan diberi kelancaran oleh-Nya.

Oiya, jangan lupa untuk berkunjung di Quipper Video Blog ya, Semua informasi seputar UN dan SBMPTN selalu terupdate, jadi viders ga bakal ketinggalan informasi. Jangan Lewatkan;) untuk info nih Quipper Video juga tidak hanya untuk UN, persiapan SBMPTN pun ada, jd sekarang ini lg sibuk - sibuknya persiapkan untuk SBMPTN (H-4). So guys, tidak perlu khawatir cari materi sana sini mengenai soal SBMPTN. Yang penting pantengin Quipper terus guys, think twice and be smart student. 
Thank's for visiting my blog. Don't forget to like. Wish me luck
Thank you viders...

GOOD LUCK, guys!

Burn Your Spirit, Improve your skill, STUDY IS FUN !

Salam SUKSES para Pejuang UN and ...



SEE YOU ON TOP J

7 komentar:

 

THINK, TRUST, AND TRY Template by Ipietoon Cute Blog Design